Selasa, 23 Desember 2008

AGAMA BUDI


Mungkin menjadi suatu tanda tanya bagi kita, Apa, Siapa dan Bagaiman Agama Budhi itu?

Pada zaman dahulu sebelum Ajaran Islam masuk, di tanah Jawa sudah berkembang suatu ajaran Budha yang murni berasal dari Tanah Jawa, mengajarkan arti kehidupan, hakekat hidup dan kerukunan umat manusia.

Ada yang berkeyakinan bahwa Agama Budhi akan bangkit kembali, dan memperbaiki ( ndandani kahanane jagad ) tatanan hidup manusia. Dalam keyakinan mereka meyakini Agama Budhi akan bangkit di Indrakila ( tempat Arjuna meminta kemenangan Pendawa dalam Perang Barata Yudha ) yang juga digunakan sebagai pusat dari Ajaran Budha Jawi Wisnu.

Marilah kita telaah lebih dalam , Agama Buhi bukan merupakan Agama yang akan bangkit tapi Suatu Ajaran Jawa / Ajaran Jiwa Jawi yang akan mendominasi semua ajaran Kejawen di Tanah Jawa. Dimana Ajaran ini akan mengubah suatu permusuhan menjadi perdamaian , yang sakit menjadi sembuh, yang buruk menjadi baik.

Agama Budhi akan bangkit dari Pertapaan Indrakila tempat Sang Begawan Mintaraga, dapat kita artikan bahwa Ajaran Agama Budhi akan bangkit dari diri kita ( Mintaraga : Minta = minta, Raga = badan / diri sendiri ) yang bisa diartikan sebagai Kesadaran Umat Manusia akan arti Kehidupan, yang akan membawa semua Manusia menuju Nirwana.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

http://djawoto.blogspot.com/2012/11/agama-asli-djawa-indonesia.html

Unknown mengatakan...

http://djawoto.blogspot.com/2012/11/agama-asli-djawa-indonesia.html

Anonim mengatakan...

mungkin ada ulasan lain???

Anonim mengatakan...

"mari kita telaah lebih dalam"..... penjelasan dikit langsung selesai. TAHI lu

Anonim mengatakan...

Cari sendiri lah...lo kan dikasi otak buat mikir buakan buat berak