Rabu, 14 Mei 2008

Definisi Keris


Definisi Keris

Keris adalah sejenis pedang pendek yang berasal dari pulau jawa, Indonesia. Keris purba telah digunakan antara abad ke 9 dan 14. Selain digunakan sebagai senjata, keris juga dianggap memiliki kekuatan supranatural, magis, gaib ( Sumber : Wikipedia ensiklopedi bebas berbahasa Indonesia ).

Dalam masa sekarang ini Keris sering didefinisikan dengan hal yang berbau klenik atau perdukunan atau hal – hal gaib, contohnya suatu hari saya bertemu dengan seseorang dan berkenalan, tiba – tiba dalam pembicaraan kami beliau menyinggung tentang keris “ Umyang Jimbe “ yang konon dapat menambah beras atau nominal uang, saya tidak percaya karena dibalik itu semua pasti ada sesuatu yang membuat jadi seperti itu, jadi didaam keris tersebut ada makluk gaib sejenis Gondoruwo atau Keblek karena 2 mahkluk ini punya sifat yang sama dengan fungsi keris “ Umyang Jimbe “ tadi.

Dari cerita ini bisa kita ambil Hikmah, sebenarnya bukan bendanya yang musrik atau berhukum haram tapi mereka yang percaya bahwa si “ Umyang Jimbe “ mempunyai daya magis yang dapat membuat manusia menjadi kaya raya.

Keris merupakan Warisan Leluhur / Nenek Moyang yang mempunyai nilai History yang mempunyai keindahan seni yang cukup tinggi pula. Bayangkan saja sebelum bangsa barat mengenal adanya Playwood punya lapisan – lapisan sehingga menjadi kuat Nenek Moyang kita sudah bisa membuat sebuah senjata yang dibuat dengan cara ditempa menggunakan bahan batu meteor ( Unsur Titanium yang dipakai sebagai Ujung Rudal, bersifat ringan dan kuat ) yang dicampur dengan bahan pamo dan baja sehingga menimbulkan tekstur pamor yang indah.
Keris mempunyai berbagai motif pamor yang terjadi karena pencampuran besi pada saat penempaan. DI dalam sebilah keris / tosan aji memunyai pengharapan dari sang Empu ( pembuat keris ) semoga pemiliknya bisa mendapat perlindungan dari Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar: